Tuesday, January 29, 2019

Alur Bidikmisi 2019 Jalur SNMPTN dan SBMPTN


Assalamualaikum wr. wb. Selamat berjumpa kembali dengan pengunjung/ pembaca penaguru69. Dalam kesempatan ini, admin mencoba mendeskripsikan panduan mengenai pendaftaran bidikmisi tahun 2019 jalur snmptn dan sbmptn.

Dalam rangka meningkatkan pembangunan sumber daya manusia, dilakukan berbagai upaya tindak lanjutnya. Bidikmisi merupakan salah satu upaya untuk membantu siswa yang memiliki keterbatasan ekonomiuntuk mewujudkan harapan dan keinginan terus berprestasi untuk melanjutkan pendidikan di perguruan tinggi.

Pada tahun 2019 ini, kuota bidikmisi ditingkatkan hingga 50% dibanding tahun sebelumnya. Hal ini dimaksudkan agar program bidikmisi dapat memberikan bantuan yang lebih luas kepada siswa yang memerlukan.

Bidikmisi merupakan program yang diselenggarakan secara berkelanjutan dengan tujuan untuk meningkatkan akses dan kesempatan belajar di perguruan tinggi, meningkatkan prestasi mahasiswa, menjamin keberlangsungan studi mahasiswa dengan tepat waktu, dan melahirkan lulusan yang mandiri, produktif, serta memiliki kepedulian sosial sehingga mampu berperan dalam upaya pemutusan mata rantai kemiskinan dan pemberdayaan masyarakat.

Persyaratan Penerima
  1. Penerima bidikmisi adalah siswa SMA atau sederajat yang akan lulus pada tahun berjalan atau lulus 1 (satu) tahun sebelumnya. Memiliki potensi akademik baik, tetapi memiliki keterbatasan ekonomi yang didukung bukti dokumen yang sah dan lulus seleksi penerimaan mahasiswa baru pada perguruan tinggi.
  2. Keterbatasan ekonomi dibuktikan dengan kepemilikan Kartu Indonesia Pintar (KIP) atau pendapatan kotor gabungan orang tua/ wali sebesar Rp. 4.000.000,00 (empat juta rupiah), atau pendapatan kotor gabungan orang tua/ wali dibagi jumlah anggota keluarga maksimal Rp. 750.000,00 (tujuh ratus limapuluh ribu rupiah).
  3. Calon peserta bidikmisi wajib terdaftar pada sistem bidikmisi dengan memasukkan NPSN dan NISN yang valid.

Fasilitas Penerima
  1. Pembebasan biaya pendaftaran seleksi masuk sbmptn serta seleksi lain yang ditetapkan oleh masing-masing panitia dan perguruan tinggi.
  2. Penggantian biaya kedatangan pertama untuk pendaftar bidikmisi yang ditetapkan sebagai penerima bidikmisi sesuai dengan ketentuan perundangan.
  3. Pembebasan biaya pendidikan yang dibayarkan ke perguruan tinggi.
  4. Subsidi biaya hidup sebesar Rp. 700.000,00 (tujuh ratus ribu rupiah) per bulan.

Jangka waktu pemberian
Program sarjana maksimal 8 (delapan) semester

Program profesi :
  • Dokter maksimal 4 (empat) semester
  • Dokter Gigi maksimal 4 (empat) semester
  • Dokter Hewan maksimal 4 (empat) semester
  • Ners maksimal 2 (dua) semester
  • Apoteker maksimal 2 (dua) semester

Pendaftaran Bidikmisi
Tatacara pendaftaran Bidikmisi jalur snmptn dan sbmptn, dilakukan secara online melalui laman LTMPT : https://ltmpt.ac.id/ atau laman bidikmisi : https://bidikmisi.belmawa.ristekdikti.go.id

Tahapan Pendaftaran
 

Bagi siswa :
  1. Penerima KIP dapat langsung melakukan pendaftaran secara mandiri pada laman LTMPT atau Bidikmisi.
  2. Bukan penerima KIP mendaftar ke sekolah untuk direkomendasikan.

Bagi sekolah :
  1. Sudah memiliki Kode Akses Sekolah langsung merekomendasikan masing-masing siswa melalui laman Bidikmisi menggunakan kombinasi NPSN dan NISN.
  2. Belum memiliki Kode Akses Sekolah, mendaftarkan diri sebagai institusi pemberi rekomendasi ke laman Bidikmisi dengan melampirkan hasil pindaian/ scan (lampiran 1 bagian persetujuan dan tanda tangan). Ditjen Belmawa kemenristekdikti memverifikasi pendaftaran sekolah dan mengeluarkan Kode Akses Sekolah pada 1 x 24 jam pada hari dan jam kerja).
  3. Sekolah memberikan nomor pendaftaran dan kode akses kepada siswa yang sudah direkomendasikan.
  4. Siswa mendaftar melalui lama Bidikmisi dan menyelesaikan semua tahapan dalam sistem pendaftaran.

Bagi calon mahasiswa penerima Bidikmisi yang telah dinyatakan diterima di perguruan tinggi, akan dilakukan verifikasi lebih lanjut dan penetapan kelayakan mahasiswa penerima Bidikmisi oleh perguruan tinggi dengan mempertimbangkan dokumen pendukung.

Demikian informasi, semoga bermanfaat bagi anda. Tetap semangat meraih masa depan yang lebih baik.

No comments:

Post a Comment