Thursday, February 23, 2017

Sekitar Bidikmisi tahun 2017

Program bidikmisi untuk tahun 2017 sudah dibuka dengan diawali pendaftaran untuk sekolah sejak 14 Januari 2017. Adapun untuk jalur snmptn 2017, telah dibuka mulai tanggal 20 Pebruari 2017. Aplikasi bidikmisi pada tahun ini, pada dasarnya sama dengan ketentuan yang berlaku pada tahun sebelumnya. Sekolah yang terdaftar melakukan login untuk memasukkan data siswa yang akan diikutkan pada program tersebut. Sekolah memasukkan data siswa.

Sekolah mencermati kembali, apakah ada siswa yang belum didaftarkan. Setelah dianggap sudah lengkap, sekolah melakukan finalisasi data siswa, memasukkan nilai raport yang meliputi : rangking (paralel), jumlah nilai dan jumlah mapel. Adapun untuk semester enam dan nilai UN menyusul setelah pengumuman. Sekolah selanjutnya mengklik/ memberikan rekomendasi siswa satu per satu. Siswa yang telah direkomendasi sekolah, dalam beberapa waktu berikutnya, mendapatkan lembar cetak nomor pendaftaran dan KAS (kode akses siswa).



Siswa secara bertahap melakukan login di laman http://bidikmisi.kemdikbud.go.id. Pilih/ klik siswa, masukkan nomor pendaftaran dan kode akses.

Adapun langkah-langkah yang harus dilakukan oleh siswa untuk mendaftar bantuan biaya pendidikan bidikmisi tahun 2017, pada intinya sama dengan tahun sebelumnya sebagai berikut :

1. Biodata : Mengisi/melengkapi biodata pendaftar bidikmisi

2. Data Prestasi : Mengisi data prestasi ko dan ekstrakurikuler pendaftar

3. Data Keluarga : Mengisi data keluarga pendaftar

4. Kondisi Rumah : Mengisi formulir kondisi rumah tinggal

5. Aset Keluarga : Mengisi data aset keluarga

6. Kondisi Ekonomi : Mengisi data kondisi ekonomi keluarga

7. Rencana Hidup : Mengisi data rencana hidup

Perlu diingat bahwa pada saat siswa login di bidikmisi, peserta didik wajib hati-hati dalam mengklik penghasilan orangtua, jika salah, maka tidak bisa diubah (terutama jika salah klik pada angka di atas 3.000.000 rupiah).

Untuk lebih lanjut dapat dijelaskan sebagai berikut :

1. Biodata

Pengisian biodata dilakukan dengan memperbaharui data, dimana data siswa yang dimasukkan harus sama dengan nama dan NISN pada pdss. Perlu dicermati bahwa siswa harus mengisikan (ada tanda ‘*’ ) yaitu ; NISN, nama siswa, jenis kelamin, agama, tempat, tanggal lahir, alamat (kabupaten/ kota dan propinsi), email, kode pos, no telpon, dan no hp. Jika ada nama yang keliru atau tgl lahir, siswa dapat mengajukan penggantian sendiri.

2. Data Prestasi

Siswa dapat menampilkan prestasi akademik atau non akademik, sesuai ketentuan yang berlaku. Untuk menampilkan data prestasi, siswa tinggal mengklik “tambah prestasi”. Jika tampilan kejuaraan tidak muncul, silakan siswa menghubungi sekolah untuk memasukkan/ menambahkan data prestasi kejuaraannya secara lengkap (jenis kejuaraan, tingkat, tahun dan hasil). Bila memiliki lebih dari satu prestasi, siswa harus menghubungi sekolah untuk menampilkan semua bidang kejuaraannya.

3. Data keluarga

Untuk data keluarga, siswa wajib memperbaharui data. Adapun form yang ditampilkan adalah :

Ayah, yang harus diisi: nama, status (tinggal pilih : masih hidup, wafat, atau bercerai), status hubungan, pendidikan, kerja (pekerjaan ayah).

Ibu, yang harus diisi : nama, status (tinggal pilih : masih hidup, wafat), pendidikan, pekerjaan.

Jumlah tanggungan

No telpon orang tua


4. Kondisi Rumah

Siswa pada tahapan ini, wajib memperbaharui data kondisi rumah. Dari tampilan yang ada, siswa wajib mengisikan hal berikut :

Kepemilikan

Tahun Perolehan

Sumber Listrik

Daya Listrik

Luas Tanah

NJOP/meter (lihat pada surat tagihan pajak)

Luas Bangunan

Bahan Atap

Bahan Lantai

Bahan Tembok

Mandi Cuci Kakus

Status rumah tinggal (tinggal pilih : kepemilikan sendiri didalam; kepemilikan sendiri diluar; atau berbagi pakai)

Sumber Air Utama (tinggal pilih : kemasan, PDAM, sumur, atau sungai/mata air).

Jarak dari pusat kota (... dalam km)

Jumlah orang tinggal (... orang)


5. Data Aset Keluarga
Pada tahap ini, siswa wajib menampilkan data aset (kekayaan) yang dimiliki keluarganya. Data wajib diisi secara riil, sebab data yang dimasukkan akan diverifikasi pada saat visitasi. Caranya : siswa klik pada “Tambah Aset”.

6. Isi Data Kondisi Ekonomi Orang Tua

Pada tahap ini, akan ditampilkan form isian/ boring untuk melengkapi data kondisi ekonomi orang tua. Adapun data yang perlu disiapkan untuk dientry meliputi :

Penghasilan Ayah

Penghasilan Ibu

Total hutang kepada pihak lain (Rp)

Cicilan Hutang Dibayar Per Bulan (Rp)

Total Piutang Kepada Pihak Lain (Rp)

Cicilan Piutang Dibayar Per Bulan (Rp)

Tabungan Keluarga (Rp)

Bagi siswa pemegang kartu perlindungan sosial (KPS) / bantuan siswa miskin (BSM) wajib mengklik tampilan yang muncul. Dalam hal ini, siswa perlu mengunggah kartu KPS (tampilan depan dan belakang).


Keterangan  :
Penghasilan Ayah
Pilih kotak yang sesuai dengan rata rata penghasilan kotor per bulan yang diterima oleh Ayah / Wali dalam 4 bulan terakhir. Contoh : pilih kotak < 1 Juta jika penghasilan kotor 4 bulan terakhir adalah 1. Bulan 1 : Rp500.000,- 2. Bulan 2 : Rp300.000,- 3. Bulan 3 : Rp400.000,- 4. Bulan 4 : Rp400.000.- 5. Rata-rata : Rp400.000.-


Penghasilan Ibu
Pilih kotak yang sesuai dengan rata rata penghasilan kotor per bulan yang diterima oleh Ibu dalam 4 bulan terakhir. Contoh : pilih kotak < 1 Juta jika penghasilan kotor 4 bulan terakhir adalah 1. Bulan 1 : Rp500.000,- 2. Bulan 2 : Rp300.000,- 3. Bulan 3 : Rp400.000,- 4. Bulan 4 : Rp400.000.- 5. Rata-rata : Rp400.000.-


7. Perbarui Data Rencana Hidup/Tinggal
Pada tahapan ini, menampilkan form untuk mengisi/melengkapi data rencana hidup/tinggal pendaftar di perguruan tinggi tujuan. Form wajib diisi siswa, meliputi :


Rencana Tinggal (tinggal pilih : Bersama Keluarga / Kenalan; Kos/Sewa; Pesantren; atau Belum Ada )

Dukungan Keluarga (pilih Ya atau Tidak)

Transportasi Asal (pilih : pesawat terbang; kapal laut; jalur darat)

Transportasi Harian (pilih : Sepeda Motor; Sepeda; Becak; atau Kendaraan Umum; Lain-lain)

Biaya Transportasi (Rp)


Setelah menyelesaikan form di bidikmisi, siswa segera membuka kembali link pendaftaran snmptn dan melakukan verifikasi untuk bidikmisi, sehingga pas cetak kartu (sesuai jadwal yang berlaku), akan muncul keterangan ikut bidikmisi.

Demikian informasi, semoga bermanfaat bagi anda. Semoga sukses UN dan sukses snmptn dan bidikmisi 2017. Terima kasih.

No comments:

Post a Comment