Thursday, May 1, 2014

Pendidikan Untuk Peradaban Indonesia Yang Unggul



Hari ini, Jumat/ 2 Mei 2014, segenap insan pendidikan di seluruh Indonesia memperingati Hari Pendidikan Nasional. Ada beberapa hal yang menarik untuk dicermati.

Selamat Hari Pendidikan Nasional! Seperti biasanya, setiap tahun kita memperingati Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) yang jatuh pada tanggal 2 Mei. Tahun 2014 ini, Hardiknas mengambil tema “Pendidikan untuk Peradaban Indonesia yang Unggul.


Tema tersebut diambil untuk mengingatkan kita bahwa pendidikan bukan hanya untuk menyelesaikan atau menjawab persoalan-persoalan yang sifatnya sangat teknis dan bersifat kekinian semata, melainkan lebih jauh dari itu, yaitu bahwa pendidikan pada hakikatnya adalah upaya memanusiakan manusia untuk membangun peradaban yang unggul.

Dalam sambutan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Mohammad Nuh,  ada dua hal yang sangat mendasar dalam dunia pendidikan. Pertama, terkait dengan akses untuk mendapatkan layanan pendidikan. Akses tersebut dipengaruhi oleh faktor ketersediaan dan keterjangkauan. Kedua, terkait dengan kualitas, yang dipengaruhi oleh tiga hal, yaitu ketersediaan dan kualitas guru, kurikulum, dan sarana prasarana.

Mendikbud mengajak semua pihak, baik guru serta pemangku kepentingan lain dalam dunia pendidikan untuk bersama-sama menyukseskan impelementasi Kurikulum 2013. InsyaAllah, melalui Kurikulum 2013 itu, anak-anak kita akan memiliki kompetensi secara utuh yang mencakupi sikap, pengetahuan dan keterampilan.
Semua program yang baik dan telah sukses terlaksana dapat dipertahankan, diteruskan, bahkan ditingkatkan. Sedangkan program yang belum berjalan dengan baik harus ditinjau ulang keberlanjutannya untuk disempurnakan agar menjadi program yang berjalan dengan baik dan bermanfaat.

Demikian, sekedar coretan, semoga bermanfaat bagi semuanya.

No comments:

Post a Comment