Wednesday, January 24, 2018

Prosedur Verifikasi Nilai Dalam SNMPTN 2018


Penerimaan Mahasiswa Baru menggunakan pola SNMPTN  dilakukan dengan berdasarkan hasil penelusuran prestasi dan portofolio akademik. Dalam pelaksanaan seleksi ini, peserta didik bebas biaya, artinya biaya ditanggung pemerintah. Perlu diingat pula bahwa pola snmptn 2018 yang mengedepankan penelusuran prestasi akademik mengalokasikan paling tidak 30% kuota daya tampung setiap prodi di PTN.


Pada saat ini, sekolah (SMA/MA/ SMK/ MAK) disibukkan dengan kegiatan pengentrian data siswa dan nilai raport pada laman terkait. Setelah entry nilai raport dari semester satu hingga semester lima selesai, maka dilakukan finalisasi oleh sekolah. Sekolah akan mengunduh password siswa untuk tahapan verifikasi nilai.
Password siswa terdiri atas : link laman pdss untuk siswa; nama siswa; NISN dan password. Password ini dibagi kepada seluruh peserta didik dalam amplop tertutup.

Adapun prosedur verifikasi nilai raport oleh siswa dilakukan secara berurutan :

1. Ganti password
1. peserta didik membuka laman pdss.snmptn.ac.id/siswa
2. peserta didik memasukkan ussername dan password yang telah diberikan dari sekolah.
3. peserta didik mengklik login
4. peserta didik selanjutnya mengganti password (ingat dalam mengubah password harus hati-hati) dengan cara mengetik password saat ini, kemudian diketik password yang baru (minimal 8 karakter); ulangi mengetik password yang baru, selanjutnya klik “Ganti Pasword”.

2. Mengklik “belum verifikasi”
Pada tahap ini, siswa harus hati-hati, jangan salah klik. Setelah mengklik “belum verifikasi”, akan muncul tampilan nilai siswa dari semester satu hingga semester lima. Siswa mengunduh nilai raport dengan mengklik “Unduh Seluruh Nilai yang Belum Diverifikasi”. Dengan tujuan agar aman, maka siswa log out dari aplikasi dan melanjutkan tahap berikutnya.

3. Meneliti hasil unduhan dengan raport yang anda miliki
Pada tahap ini peserta didik dengan cermat dan teliti mengecek nilai raport semester 1 – 5 pada print out dengan nilai pada buku raport. Jika dijumpai perbedaan, dalam arti nilai pada print out berbeda dengan nilai pada buku raport, siswa memberi tanda khusus atau distabillo dan mencantumkan nilai yang seharusnya. Siswa melakukan login kembali pada aplikasi pdss dan mengklik fitur minta perbaikan nilai, terus log out. Siswa melaporkan temuan nilai tersebut kepada petugas sekolah (dalam hal ini petugas BK) untuk dilakukan perbaikan sebagaimana mestinya.

4. Verifikasi Nilai
Jika nilai sudah sesuai antara print out dengan buku nilai raport anda, silakan amati pada tampilan bagian bawah. Siswa memberi tanda centang (V) di depan “Saya menyatakan bahwa seluruh nilai dan status khusus (jika ada) pada halaman ini sudah benar dan lengkap”. 
Berikutnya siswa menekan simbol “Verifikasi” (pada kotak warna biru), jika nilai sudah benar.

Selanjutnya akan muncul tampilan, yang menggambarkan bahwa seluruh nilai pada setiap mata pelajaran sudah Anda verifikasi. Sebagai bukti, tekan tombol “Unduh Seluruh Nilai yang Sudah Diverifikasi”. 

Dengan menekan tombol tersebut, maka  proses verifikasi nilai raport anda sudah selesai. Selanjutnya siswa menunggu proses yang dilakukan siswa untuk mendapatkan pemeringkatan sesuai dengan akreditasi sekolah anda.

No comments:

Post a Comment